Kemenag diminta buat parameter soal calon haji

terkait kebijakan pemerintah saudi arabia yang memangkas persentasi jemaah calon haji seluruh dunia, termasuk calon haji asal indonesia sebesar 20 persen, maka pemerintah, di hal ini kementerian agama (kemenag) mesti mencari ajaran agar membuat calon haji dan hendak diberangkatkan.

saya minta kemenag dengan dirjen penyelenggara haji dan umroh memesan parameter yang menarik serta gamblang untuk pertanggungjawaban ke umum, papar anggota komisi viii dpr ri, muhammad baghowi dalam gedung mpr/dpr/dpd ri, jakarta, kamis.

menurut dia, tidak ada ketentuan baku tersebut, dimungkinkan terjadi kongkalikong oleh oknum kemenag maupun calhaj.

ia menegaskan, parameter tersebut mesti mengikuti unsur keadilan, akuntabilitas, dan transparansi. salah satunya, calon haji usia lanjut, berumur selama atas 70 tahun, mesti diprioritaskan.

Informasi Lainnya:

selain tersebut calon haji dan belum pernah haji, dan yang antriannya sudah paling berlarut (nomor urut atas) juga mesti menjadi prioritas.

penyebaran kuota juga harus merata berdasar proporsionalitas wilayah, kata baghowi.

politisi partai demokrat ini menambahkan, tanpa banyak aturan dan gamblang terkait parameter calon haji dan tertunda dan dan pergi dengan demikian dapat menimbulkan maka keributan. sebab banyak 30.000 calon haji dan tertunda akibat kebijakan arab saudi tersebut, disamping membuka usaha terjadinya ''permainan antara oknum petugas haji dengan calon haji.

kalau bukan petugasnya yang menawarkan permainan, masyarakat dan bisa memaksa petugas agar apa caranya berangkat tahun ini sekalipun dengan imbalan. lah, itu mampu menggoda petugas, ungkap dia.

tahun ini, kuota calon haji supaya semua dunia dan sebelumnya berjumlah 2.700.000 dipangkas merupakan menjadi 1.600.000. tetapi calon haji asal indonesia dari sebelumnya 211.000 turun 42.000 sehingga hanya merupakan sebanyak 168.000 pihak. rinciaannya 155.000 agar calon haji reguler, juga 13.600 calon haji khusus.

saat ini calon haji reguler yang telah melunasi ongkos haji banyak 185.000 pihak. jadi ada hampir 30.000 calon haji dan telah melunasi tapi gagal pergi tahun ini serta diprioritaskan pergi tahun depan, paparnya.