KPU Jember coret tujuh bakal caleg

komisi pemilihan publik kabupaten jember, jawa timur, mencoret tujuh nama bakal calon legislator dari dua partai politik sebab tidak mengikuti persyaratan administrasi sesuai ketentuan.

tujuh bakal calon legislator dipastikan ingin dicoret daripada mendaftar calon legislator tetapi (dcs) karena secara administrasi tak mengikuti persyaratan, papar komisioner kpu jember, gogot cahyo baskoro, senin.

tujuh bacaleg tersebut yakni Salah satu bacaleg dari partai bulan bintang (pbb) dan enam bacaleg daripada partai persatuan pembangunan (ppp).

enam bacaleg ppp dan tak mengikuti syarat, empat pada antaranya perempuan, sehingga partai baru bisa mengganti melalui bacaleg perempuan lainnya sesuai dengan aturan yang ada, tuturnya.

Informasi Lainnya:

ketentuan 30 persen kuota wanita berdasarkan dengan undang-undang nomor 8 tahun kemarin tentang pemilu juga peraturan kpu nomor 7 tahun 2013 mengenai pencalonan anggota dpr, dprd provinsi/ kabupaten/kota.

dalam ajaran tersebut amat tegas bahwa parpol yang tidak bisa mengikuti kuota 30 persen wanita akan dicoret berdasarkan dapil dan tak mengikuti kuota tersebut, sehingga tidak banyak caleg dari parpol yang bersangkutan supaya ikut pemilu, paparnya.

gogot menjelaskan ppp bisa mengajukan penggantian bacaleg hawa dan lain usai pengumuman dcs hingga batas waktu penetapan daftar calon legislator tetap (dct) selama 1 agustus 2013.

apabila partai tidak dapat mengganti empat bacaleg perempuan tersebut dengan demikian ingin berpengaruh di ketentuan minimal 30 persen keterwakilan wanita di dapil bacaleg dan bersangkutan, ujarnya.

sesuai jadwal tahapan pemilihan publik legislatif, kpu jember akan mengumumkan penetapan dcs daripada 12 parpol audien pemilu 2014 pada kabupaten setempat di 13-17 juni 2013.