Kementerian Kelautan targetkan ekspor kerapu 15.000 ton

kementerian kelautan juga perikanan menargetkan ekspor kerapu ke berbagai negara sebanyak 15.000 ton dalam 2013 sehubungan dengan permintaan komoditas itu masih relatif cukup tinggi, diantara lain, dari china juga hong kong.

di hong kong masyarakatnya lebih `minded` kerapu dibandingkan melalui salmon, papar menteri kelautan serta perikanan sharif c. sutardjo usai menebar 30.000 ekor benih kerapu dalam desa gerupuk, lombok tegah, ntb, kamis.

didampingi dirjen perikanan budidaya, kementerian kelautan dan perikanan slamet subjakto, dia menyatakan, selama tahun 2012 volume ekspor kerapu mencapai 10.200 ton dan ikan kakap 6.100 ton.

hingga kini, kita masih mampu mengikuti sekitar 30 persen permintaan ikan kerapu dari seluruh negara, terutama china dan hong kong. jadi, pemasaran hasil budi daya kerapu kita bisa terjamin tidak banyak masalah, katanya.

Informasi Lainnya:

ia menyampaikan, hingga kini, relatif cukup ada pengusaha yang mengelola budi daya kerapu, menarik pada perairan ntb maupun provinsi yang lain dalam indonesia.

menurut dia, sentra produksi kerapu masih didominasi dengan 10 provinsi penghasil utama, yaitu provinsi sumatera utara, kepulauan riau, nangrooe aceh darusalam, lampung, sulawesi tenggara, jawa timur, papua barat, ntb, maluku utara, dan provinsi maluku.

penghasil utama ikan kakap putih lain, yakni kalimantan timur, kepulauan riau, sumatera utara, dki jakarta, maluku utara, aceh, kalimantan barat, jawa timur, jawa barat, juga sulawesi selatan.

oleh sebab itu, dalam setiap kunjungan ke daerah saya terus membayar para bupati yang mempunyai wilayah laut agar membuat zonasi supaya mengatur ruang yang mampu dimafaatkan untuk wisata bahari, budi daya rumput laut, dan kerapu, ujarnya.

selain itu, kata sharif, dengan zonasi ini kaum investor mampu lebih nyaman dan memberikan cuaca yang kondusif agar membuka usaha. mereka mendapat izin untuk mengelola lokasi upaya-upaya tersebut tidak diganggu oleh bagian lain.

berbagai persoalan dan terjadi di ini, menurut dia, telah ditertibkan, diantara lain, melalui mencari zonasi. kabupaten lombok tegah adalah salah Satu kabupaten dan sudah membuat zonasi peruntukan perairan laut.

terkait dengan belum memadainya infrastruktur jalan menuju lokasi budi daya, sharif mengakui, sampai sekarang, baru usah diperbaiki, terutama dalam indonesia timur.

masalah infrastruktur dan dikeluhkan masyarakat dan pengusaha ini ingin kita cermati serta ingin dikoodinasikan dengan kementerian pekerjaan umum (pu), tergolong melalui kementerian perhubungan, papar sharif.