Mendikbud: IPA-IPS di SMP lebih terintegrasi

menteri studi serta kebudayaan m. nuh menungkapkan pelajaran ilmu pengetahuan alam (ipa) dan ilmu pengetahuan sosial (ips) selama smp ingin lebih terintegrasi selama kurikulum masih.

kalau kini ipa pada smp kan masih disusun berlapis, yaitu mata pelajaran fisika, kimia, juga biologi. setelah itu ketiga pelajaran tersebut terintegrasi selama pelajaran ipa, katanya dalam semarang, sabtu.

hal tersebut diungkapkan mantan rektor institut teknologi sepuluh nopember (its) surabaya tersebut usai sosialisasi kurikulum 2013 di universitas negeri semarang (unnes) dan dikuti ratusan guru pada jawa tengah.

demikian pula dengan integrasi pelajaran ips jenjang smp yang dulunya baru terbelah selama pilihan pelajaran, seperti geografi dan sejarah, sebagai upaya penyederhanaan pelajaran di sekolah.

Informasi Lainnya:

nantinya, guru-guru biologi pada smp akan mengajar pelajaran ipa, guru fisika dan terlalu, mengajar ipa. demikian pula melalui guru-guru geografi juga sebagainya dan mau mengajar pelajaran ips, katanya.

nuh mengakui beban pelajaran yang ditanggung siswa pada ini telah lumayan banyak sebagaimana dikritik seluruh kalangan sehingga usah penyederhanaan pada mata pelajaran dan diajarkan.

berkaitan dengan diaplikasikannya kurikulum baru, pelajaran jenjang sd serta disederhanakan adalah enam mata pelajaran, tergolong ipa serta ips dan pembelajarannya diintegrasikan melalui mata pelajaran lainnya.

seorang peserta sosialiasi dan dan kepala smp negeri 5 semarang suharto mengakui dalam ini pembelajaran ipa pada sekolah sudah terbagi atas pilihan mata pelajaran, yakni biologi, fisika, serta kimia.

kalau ips, terbagi atas pelajaran geografi, ekonomi, sejarah. sosiologi belum banyak. dengan kurikulum masih, setelah itu pembelajaran ipa serta ips tidak ingin berlapis semisal itu, melainkan terintegrasi, katanya.

ia mengakui sebenarnya kurikulum tingkat satuan studi (ktsp) yang berlaku saat ini memang sudah memenage pembelajaran ipa dan ips secara terpadu, hendak sementara keterpaduan tersebut sifatnya baru tempelan.

jadi pelajarannya ya baru ipa-biologi, ipa-fisika, dan sebagainya. apabila di kurikulum baru nanti hendak terpadu, ipa serta ips. pelajaran ipa berbasis biologi, sementara ips berbasis geografi, kata suharto.