Presiden tiba di Swedia

presiden susilo bambang yudhoyono tiba pada bandara arlanda, stocklom, swedia, senin malam kurang lebih jam 20.34 masa setempat atau selasa dini hari wib.

presiden yudhoyono melalui disertai oleh ibu ani yudhoyono mengerjakan kunjungan kenegaraan ke swedia supaya memenuhi undangan raja swedia carl xvi gustaf. setelah mengambil perjalanan lebih daripada 12 merek daripada jakarta menuju stockhlom melalui dubai, uni emirat arab, pesawat kepresidenan disambut dengan pesawat militer swedia ketika memasuki langit swedia.

pesawat militer berawak tunggal tersebut kemudian mengawal pesawat kepresidenan hingga mendarat di bandara arlanda.

kedatangan presiden yudhoyono dan rombongan dalam stockhlom disambut dengan upacara penyambutan kenegaraan oleh menteri kerjasama pembangunan internasional kerajaan swedia gunilla carlsson, duta besar kerajaan swedia supaya republik indonesia ewa polano, serta duta besar republik indonesia supaya swedia made sastrawan.

Informasi Lainnya:

selama Salah satu setengah hari pada swedia, presiden yudhoyono ingin mengerjakan kunjungan kehormatan kepada raja swedia carl xvi gustav. selain tersebut, presiden dan hendak mengerjakan pilihan pertemuan bilateral dengan pm fredrik reinfeldt serta ketua parlemen per westerberg.

dalam konferensi persnya di bandara halim perdanakusuma presiden yudhoyono menungkapkan jika disamping berhadapan dengan pm swedia juga ketua parlemen, ia serta ingin bertemu melalui kaum pimpinan perusahaan besar di swedia yang sudah berinvestasi selama indonesia.

selama pada stockholm, aku ingin ketemu melalui kaum pimpinan perusahaan-perusahan sulit dan selama ini melaksanakan investasi di indonesia. mereka dan berniat memperbaiki investasi juga kerjasamanya dalam indonesia, ujarnya.

dalam rangkaian pertemuan tersebut, akan dibahas isu-isu yang adalah kepentingan kedua negara, utamanya di jenis ekonomi, lingkungan hidup juga berubahnya cuaca, studi, kesehatan, infrastruktur, riset, dan teknologi.

rencananya, juga mau ditandatangani sederat nota kesepahaman, diantara lain di jenis ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi, serta kesehatan.

usai kunjungan kenegaraan ke swedia, presiden ingin bertolak ke amerika serikat pada 29 mei agar menghadiri pertemuan ke-5 panel tingkat tinggi pbb perihal agenda pembangunan pasca 2015 (un high-level panel of eminent persons on the post-2015 development agenda) pada markas sulit pbb dalam new york. presiden dan delegasi akan berada selama amerika serikat di dua hari.

turut mendampingi presiden selama kunjungan kenegaraan itu adalah menteri luar negeri marty natalegawa beserta ibu sranya natalegawa, menteri sekretaris negara sudi silalahi, juga menteri perindustrian ms hidayat.