Alumni IPB minta KY pantau peradilan Ricksy

alumni institut pertanian bogor (ipb) membayar komisi yudisial (ky) memantau penegakkan hukum di persentasi ricksy prematuri, tersangka dugaan bioremediasi fiktif dalam lahan chevron, untuk berjalan melalui adil juga transparan.

kami percaya ky bisa dicari mengawal proses penegakan hukum tersebut dan menimpa saudara ricksy prematuri, ujar juru bicara alumni institut pertanian bogor (ipb) ahmad mukhlis yusuf terhadap wartawan dalam jakarta, rabu.

menurut dia, seluruh komponen masyarakat memberikan dukungan kepada ricksy prematuri yang sedang menghadapi situasi peradilan. keuntungan itu terlihat dari angka penandatangan petisi peduli keadilan bagi ricksy prematuri, tercatat hingga hari selasa tanggal 1 mei 2013 sebanyak 433 pihak dari berbagai komponen penduduk indonesia, selain para alumni ipb.

ia menungkapkan proses peradilan ricksy prematuri mengakibatkan pertanyaan sebab jaksa memiliki waktu 3,5 bulan supaya menghadirkan 26 saksi ahli, sedangkan terdakwa hanya diberikan masa 1 minggu, padahal persentasi dan adalah perkara usah menggandeng saksi ahli dan kompeten.

Informasi Lainnya:

upaya alumni ipb ini karena alasan kemanusiaan serta hati nurani semata sebab keadilan milik semua warga negara republik indonesia, tak terkecuali ricksy prematuri. kami percaya dalam komisi yudisial untuk salah Salah satu benteng keadilan, ujar dia.

ia mengajarkan selama sidang penuntutan di 26 april 2013, ricksy prematuri dituntut ancaman hukuman penjara sebanyak 12 tahun, juga herlan bin ompu sebanyak 15 tahun.

kami tidak bermaksud memasuki subtansi perkara sebab itu kompetensi kaum penegak hukum serta penasihat hukum. tapi, kami ingin menyampaikan harapan sebagian penduduk kepada proses peradilan yang lebih adil dan transparan, ujar dia.

selain itu, ia memohon supaya ketua majelis hakim tipikor, dr. sudharmawatiningsih, mh dapat memimpin persidangan dan memberhentikan dengan lebih adil sesuai melalui suara nurani hakim sebagai wakil tuhan dalam wajah bumi.

sebelumnya, perkara ini mulai bergulir awal maret lalu, ketika jampidsus mulai melakukan penyidikan. hanya berselang pilihan hari saja di 12 maret kemarin, direktur penyidikan sudah mengeluarkan sprindik melalui tersangka ricksy prematuri juga general manager sumatera light north operation, alexia tirtawidjaja.

perkara ini lalu menyeret tiga karyawan cpi lainnya-- kukuh kertasafari, widodo juga endah rumbiyanti-- juga benar kontraktor lain, herlan bin ompo, direktur pt sumigita jaya. hal tersebut sudah merupakan fakta yang telah dipublikasikan dalam persidangan.

seterusnya, ricky prematuri langsung ditahan, saat sebagian tersangka lain bebas selama sidang pra peradilan.

dalam fakta persidangan juga terungkap, deputi iv kementrian lingkungan hidup, masnellyarti hilman menyatakan substansi konsentari bioremediasi tersebut telah berjalan pas dengan pp no 18 tahun 1999 juga kepmen lh nomor 128 tahun 2003.

pt. cpi merupakan perusahaan eksplorasi minyak bumi yang terikat production sharing contract (psc) dengan bp migas (kini berubah menjadi skk migas). salah Salah satu kewajiban cpi dijadikan perusahaan psc merupakan memulihkan lahan-lahan yang tercemar akibat operasi juga eksplorasi migas.

cpi pun mengadakan tender agar web pemulihan lahan lewat metode bioremediasi selama sederat tujuan dan adalah wilayah kerja operasinya. sepanjang tahun 2006-2012 banyak puluhan tender dan digelar cpi. pt gpi salah Salah satu pemenangnya dengan seleksi dan ketat serta transparan. dijadikan direktur gpi dan bertanggungjawab di menangani proyek-proyek bioremediasi, ricksy lah dan menandatangani kontrak kerja dengan cpi.