Presiden China perintahkan upaya penyelamatan habis-habisan

presiden china xi jinping memerintahkan tindakan habis-habisan untuk menyelamatkan korban dan meminimalkan korban sesudah gempa berkekuatan 7,0 skala richter melanda provinsi barat daya sichuan sabtu pagi.

xi, serta sekretaris jenderal komite pusat partai komunis china (cpc) serta ketua komisi militer pusat, mengeluarkan perintah langsung setelah gempa mengguncang kota lushan, ya`an, di pukul 08.02 waktu beijing.

bencana itu sudah merenggut 152 jiwa dan melukai lebih daripada 3.000 orang dalam pukul 20.30 waktu setempat.

xi mendesak supaya mencari info bencana dengan cepat serta membuat segala upaya untuk menyelamatkan rakyatnya. pekerjaan penyelamatan mesti dilakukan melalui cara ilmiah untuk mengurangi korban seminimal mungkin, katanya.

Informasi Lainnya:

dia juga minta agar memperkuat pemantauan seismik, mengikuti cara konkret supaya menghindari bencana sekunder, merelokasi orang-orang dan terkena bencana, dan menjaga stabilitas sosial pada zona gempa.

komite pusat cpc juga xi mempercayakan perdana menteri li keqiang agar mengarahkan konsentari penyelamatan akibat gempa, dan telah tiba pada zona gempa sabtu sore.

dalam instruksi kepada angkatan bersenjata juga polisi bersenjata, xi memerintahkan pasukan di zona yang dilanda gempa untuk menggarap semua upaya penyelamatan dari bencana telah mendorong kerugian parah dalam daerah tersebut.

pasukan mesti segera dikirim ke garis depan untuk perhatian bantuan gempa untuk menyelamatkan masyarakat serta mengobati dan terluka, pas dengan instruksi.

mereka juga sudah diperintahkan agar mengambil tindakan pencegahan kepada bencana sekunder juga membantu pemerintah daerah untuk merelokasi penduduk dan terkena dampak, serta memelihara stabilitas sosial daripada zona gempa.

pasukan serta harus mengurus keselamatan mereka sendiri, tutur xi.

dewan negara, atau kabinet, telah meluncurkan tanggap darurat gempa kelas pertama. tim darurat kementerian, angkatan bersenjata serta polisi bersenjata menuju ke zona gempa.

pemimpin provinsi sichuan sudah tiba pada pusat gempa serta penyelamatan juga perhatian santunan sedang berlangsung.

episentrum gempa dalam kedalaman 13 km, dipantau dalam 30,3 derajat lintang utara serta 103,0 derajat bujur timur.

ya`an memiliki warga 1,53 juta serta disukai sebagai kota kelahiran panda raksasa. kota ini adalah kurang lebih 140 kilometer jauhnya daripada ibu kota provinsi chengdu, itulah xinhua.