Ribuan pekerja rekanan Freeport ancam mogok

sekitar 1.200 pekerja pada tiga perusahaan kontraktor pt freeport indonesia, yakni pt jasti pravita, pt osato seike juga pt srikandi mitra karya, mengancam akan mogok kerja pada sebulan terhitung mulai selasa (30/4) jam 06.00 wit sampai 31 mei 2013.

ancaman mogok pekerja tiga perusahaan tersebut dilontarkan dengan pimpinan unit kerja (puk) sp-kep spsi tiap-tiap perusahaan pada wartawan selama timika, senin.

ketua puk sp-kep spsi pt jasti pravita irwanto hassan menungkapkan alasan utama pekerja melakukan aksi mogok karena manajemen pt jasti pravita, pt osato seike serta pt srikandi mitra karya tidak akan menerapkan keputusan gubernur papua nomor 192 tahun 2012 tentang upah minimun sektoral kabupaten (umsk).

sesuai keputusan gubernur papua yang berlaku terjamin sejak 1 januari 2013, upms dan mesti dibayarkan oleh perusahaan terhadap pekerja melalui basis gaji terendah sebesar rp11.850 per merek serta sekitar rp2.050.000 supaya 173 produk kerja. tapi tiga perusahaan itu hingga ketika ini baru memberikan gaji terhadap pekerja melalui basis terendah sebesar rp7.874 per jam.

Informasi Lainnya:

kesenjangan ini telah berlangsung puluhan tahun. banyak rekan-rekan kami yang sudah berusaha belasan tahun menerima upah tak pas dengan standar umsk yang ditetapkan pemerintah. pada ini terjadi eksploitasi besar-besaran pada pekerja, papar irwanto.

para pekerja masih menjalankan diri untuk berdialog melalui manajemen ke tiga perusahaan dan pihak-pihak tenntang lainnya supaya penampilan mogok kerja tak maka dilaksanakan. tapi puk sp-kep spsi ke tiga perusahaan tersebut menegaskan kiranya aksi mogok kerja mampu dibatalkan bila masing-masing perusahaan konsekuen menerapkan sk gubernur papua nomor 192 tahun 2012 tentang umsk.

kami masih menjalankan diri pada pihak manajemen perusahaan. sampai ketika ini kami masih tetap menunggu dan menginginkan kehadiran titik temu. sk gubernur papua adalah acuan kami, tutur irwanto.

irwanto serta rekan-rekannya berkomitmen jika tak banyak titik temu pembahasan dengan pihak manajemen ke tiga perusahaan dengan demikian mulai selasa (30/4), seluruh pekerja ke tiga perusahaan tersebut dan selama ini bekerja dalam area kerja pt freeport indonesia mulai daripada tembagapura hingga pelabuhan portsite amamapare akan bergerak turun ke timika.

selama berlangsungnya aksi mogok, pekerja ingin berkonsentrasi pada kantor sekretariat puk sp-kep spsi ke tiga perusahaan pada jalan perjuangan timika indah. selanjutnya, para pekerja hendak menyusun rencana selanjutnya supaya menggarap aksi demonstrasi ke kantor disnakertrans serta kantor dprd mimika apabila yang dituntut mereka belum dijawab dengan pihak-pihak terkait.

ketua puk sp-kep spsi pt osato seike umar djabu menegaskan manakala tidak ada titik temu pembahasan melalui pihak manajemen perusahaan hingga senin malam pukul 24.00 wit dengan begini aksi mogok kerja 1.200 pekerja tiga perusahaan maka diselenggarakan mulai selasa (30/4).

umar menegaskan, mogok kerja yang dilaksanakan tersebut sah supaya memperjuangkan tegaknya ajaran pemerintah. sejak februari hingga saat ini, katanya, puk sp-kep spsi ke tiga perusahaan sudah 11 kali mengerjakan pertemuan melalui manajemen perusahaan tiap-tiap namun tidak menemukan solusi.

sedangkan ketua puk sp-kep spsi pt srikandi mitra karya, karter anuar aritonang mempertanyakan kinerja dinas tenaga kerja juga transmigrasi mimika yang tidak becus melakukan pengawasan terhadap penerapan sk gubernur papua mengenai umsk dan tak sudah menindak tegas perusahaan-perusahaan dan mengabaikan keputusan pemerintah itu.

ada eksploitasi besar-besaran tenaga kerja di timika agar kepentingan segelintir pihak. banyak rekan kami dan berusaha belasan tahun namun berstatus pekerja harian. ketika cuti tak dibayar, saat sakit tidak dibayar. kenapa pemerintah tak menindak perusahaan-perusahaan ini, juga apakah freeport tak mengetahui ternyata kami berusaha dalam area kerja pt freeport, tanya aritonang.